Cara Membuat Adonan Ubi Goreng Tepung

Cara Membuat Adonan Ubi Goreng Tepung

Makanan gorengan salah satu hidangan yang digemari oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Salah satu bentuk gorengan yang menjadi favorit bagi sebagian besar orang adalah ubi goreng. Tidak hanya karena rasanya yang enak dan gurih, tapi juga kandungan nutrisi yang terdapat pada ubi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Namun, membuat adonan tepung ubi goreng yang enak dan renyah bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika tidak tahu cara membuatnya yang benar. Nah, pada kali ini, kita akan berbicara mengenai langkah-langkah cara membuat adonan ubi goreng tepung yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Membuat Adonan Ubi Goreng Tepung

Cara Membuat Adonan Ubi Goreng Tepung

Langkah 1: Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat adonan ubi goreng tepung, pertama-tama persiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

– 250 gram ubi jalar, kupas, dan potong dadu kecil
– 100 gram tepung terigu
– 50 gram tepung beras
– 1 sendok teh baking powder
– 1/2 sendok teh garam
– 1/4 sendok teh merica bubuk
– 150 ml air matang

Langkah 2: Kukus Ubi

Setelah seluruh bahan tersedia, langkah berikutnya adalah kukus ubi hingga empuk dan lunak. Hal ini sangat penting untuk membuat adonan tepung ubi goreng yang enak dan tidak keras saat digoreng.

Langkah 3: Ulek Ubi

Setelah ubi matang, hancurkan ubi yang sudah dikukus dengan alat ulekan atau blender. Jangan terlalu halus, biarkan sedikit kasar agar membuat tekstur adonan menjadi lebih enak.

Langkah 4: Campurkan Bahan

Campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah yang berbeda. Aduk hingga tercampur rata.

Langkah 5: Campurkan Semua Bahan

Setelah semua bahan kering dicampurkan, saatnya campurkan semua bahan ke dalam satu wadah. Tambahkan juga air matang sedikit demi sedikit hingga adonan tepung ubi goreng menjadi cukup lembut dan tidak lengket.

Frequently Asked Questions

1. Kapan waktu yang tepat untuk membuat adonan tepung ubi goreng?

Waktu yang tepat untuk membuat adonan tepung ubi goreng adalah saat memasaknya. Sebaiknya membuat adonan ini saat ubi masih dalam keadaan segar dan tidak terlalu lama disimpan. Hal ini akan membuat adonan lebih mudah dibentuk dan menghasilkan rasa yang lebih enak.

2. Haruskah saya memakai tepung beras saat membuat adonan tepung ubi goreng?

Tepung beras digunakan saat membuat adonan tepung ubi goreng agar lebih renyah dan crispy saat digoreng. Namun, jika Anda tidak memiliki tepung beras, Anda bisa memakai tepung terigu saja.

3. Bisakah adonan tepung ubi goreng disimpan di kulkas?

Adonan tepung ubi goreng sebaiknya langsung digunakan setelah dibuat untuk menghasilkan hasil gorengan yang lebih baik. Namun, jika ingin menyimpannya, Anda bisa menyimpannya di lemari es selama 1-2 hari sehingga tidak cepat basi.

4. Haruskah saya menambahkan tepung panir saat menggoreng ubi goreng tepung?

Tepung panir tidak diperlukan dalam adonan tepung ubi goreng. Adonan sudah cukup membuat ubi terbungkus dengan tepung dan akan menghasilkan rasa yang lebih renyah.

5. Bagaimana cara membuat ubi goreng tepung yang enak dan renyah?

Untuk membuat ubi goreng tepung yang enak dan renyah, pastikan ubi sudah dikukus dan tidak terlalu lembek. Selain itu, pastikan adonan tepung tidak terlalu kental atau encer dan jangan menggoreng ubi terlalu banyak dalam satu waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *