Cara Membuat Adonan Ubi Molen

Cara Membuat Adonan Ubi Molen

Adonan ubi molen seringkali dijadikan sebagai camilan favorit oleh banyak orang. Kulitnya yang crispy dengan isian ubi yang manis menjadi kombinasi yang sempurna dan cocok untuk dinikmati setiap saat. Namun, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk membuat adonan ubi molen yang enak dan crispy tersebut. Jangan khawatir, di artikel ini kami akan membahas secara detail tentang cara membuat adonan ubi molen yang simpel dan mudah untuk diikuti.

Apa itu Adonan Ubi Molen?

Adonan ubi molen adalah olahan makanan dari ubi sebagai bahan utamanya. Adonan ubi molen dapat diisi dengan berbagai jenis isian, seperti keju, coklat, atau buah-buahan. Adonan ubi molen ini diolah dengan cara digoreng atau di oven hingga memiliki tekstur yang crispy. Cara membuat adonan ubi molen cukup mudah, dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar atau toko bahan kue terdekat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat adonan ubi molen, pastikan Anda telah menyiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. Ubi jalar 500 gram, kukus dan haluskan
  2. Gula pasir 100 gram
  3. Garam 1/4 sendok teh
  4. Vanili 1/4 sendok teh
  5. Tepung terigu 150 gram
  6. Kuning telur 1 butir
  7. Air 100 ml
  8. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Adonan Ubi Molen

Cara Membuat Adonan Ubi Molen

Setelah menyiapkan seluruh bahan, selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah cara membuat adonan ubi molen. Berikut ini cara membuat adonan ubi molen yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Campurkan ubi jalar yang sudah dihaluskan dengan gula pasir, garam, dan vanili. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tambahkan tepung terigu dan kuning telur, aduk rata hingga tercampur sempurna.
  3. Tuang air ke dalam adonan secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan sedikit lembek, namun tidak terlalu cair.
  4. Setelah itu, ambil adonan sebesar bola kecil-kecil, pipihkan hingga seukuran telapak tangan. Beri isian sesuai selera di tengah adonan, kemudian rapatkan dan bulatkan.
  5. Setelah itu, goreng adonan ubi molen dalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga kulitnya berwarna coklat keemasan dan matang.
  6. Tiriskan adonan ubi molen dan sajikan selagi masih hangat.

Cara Membuat Isian Ubi Molen

Sesuai namanya, adonan ubi molen harus diisi dengan berbagai macam isian. Salah satu isian yang paling sering digunakan adalah isian ubi yang manis. Berikut ini cara membuat isian ubi molen:

  1. Kupas ubi jalar, potong kecil-kecil, dan rebus hingga empuk.
  2. Tumbuk ubi jalar hingga halus.
  3. Tambahkan gula pasir, santan, dan garam. Masak hingga semua bahan tercampur rata dan mengental.
  4. Dinginkan isian ubi jalar tersebut sebelum digunakan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Benarkah adonan ubi molen susah untuk dibuat?

Tidak, adonan ubi molen cukup mudah untuk dibuat jika Anda sudah menyiapkan semua bahan dan melakukan setiap langkah dengan benar. Jangan terburu-buru dan pastikan setiap langkah sudah terlaksana sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan ubi molen pecah saat digoreng?

Jika adonan ubi molen pecah saat digoreng, kemungkinan besar isian terlalu banyak atau adonan terlalu tipis. Coba untuk mengurangi jumlah isian dan membuat adonan lebih tebal di bagian tepi sehingga dapat menahan isian tengah. Pastikan juga minyak dalam keadaan sangat panas sebelum menggoreng adonan.

3. Apakah adonan ubi molen harus diisi?

Tidak, adonan ubi molen tidak harus diisi dengan isian. Anda dapat menikmatinya tanpa isian atau menggantinya dengan isi yang lain seperti buah-buahan atau coklat.

4. Bisakah adonan ubi molen digunakan untuk jenis kue lainnya?

Tentu saja, adonan ubi molen dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat jenis kue lainnya seperti onde-onde atau bola-bola ubi. Anda cukup mengubah bentuk adonan sesuai dengan keinginan dan menambah isian atau topping yang lain.

5. Berapa lama umur simpan adonan ubi molen?

Adonan ubi molen dapat disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari atau dalam freezer selama 1 minggu. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan plastik wrap agar tetap segar dan tidak lembab. Saat ingin digunakan, angkat adonan dari freezer dan biarkan suhu ruang sebentar sebelum digoreng atau dipanggang.

Dengan adanya artikel ini, kini Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin membuat adonan ubi molen. Ikuti langkah-langkah dengan benar, dan jangan lupa untuk eksperimen dengan berbagai isian yang berbeda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *