Resep Waffle yang Enak

Cara Membuat Adonan Waffle

Makanan ringan yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ya, waffle adalah salah satu makanan yang bisa dinikmati sebagai camilan atau sarapan. Dalam membuat waffle, yang terpenting adalah adonannya. Adonan waffle yang enak dan lezat tentu akan menjadi pilihan favorit bagi para penggemar waffle. Jika Anda tertarik membuat adonan waffle sendiri di rumah, berikut adalah cara-cara yang bisa diikuti.

Resep Waffle yang Enak

Resep Waffle yang Enak

1. Siapkan Bahan-Bahan

Yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat adonan waffle, yaitu:

  • 1 cangkir Terigu serbaguna
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1 1/2 sendok teh Baking powder
  • 2 sendok makan Gula pasir
  • 2 butir Telur ayam
  • 1 cangkir susu cair
  • 4 sendok makan mentega tawar (dilelehkan)
  • 1/2 sendok teh vanilla extract

Setelah semua bahan telah siap dalam jumlah yang sesuai, maka siapkan panci waffle atau mesin waffle.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Setelah semua bahan disiapkan dengan benar, langkah selanjutnya adalah memasukan bahan-bahan tersebut ke dalam satu mangkuk dan aduk rata menggunakan whisk atau mixer. Pastikan adonannya benar-benar tercampur rata dan tidak ada bahan yang menggumpal agar tampilan waffle maksimal saat dihidangkan.

3. Panaskan Mesin Waffle

Panaskan mesin waffle atau panci waffle sehingga tekanannya pas dan rata. Pastikan mesin atau panci waffle sudah benar-benar panas sebelum dimasuki adonan. Biasanya mesin waffle memerlukan waktu pemanasan sekitar 3-5 menit sebelum adonan dimasukkan.

4. Tuangkan Adonan ke Mesin Waffle

Saat mesin dan adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah men tuangkan adonan ke mesin waffle lalu tutup mesin. Pastikan tidak terlalu banyak adonan yang di tuangkan, sehingga ketika matang waffle benar-benar merata dan berlubang-lubang.

5. Panggang Adonan

Panggang adonan waffle selama sekitar 3-5 menit hingga waffle berwarna coklat keemasan. Jangan buka mesin waffle terlalu sering, karena bisa membuat waffle cepat dingin dan tidak mengembang. Biasanya mesin waffle memiliki lampu indikator yang menyala ketika waffle sudah matang atau dalam beberapa mesin waffle memiliki fitting timer pada mesin nya.

Frequently Asked Questions

1. Bolehkah Mengganti Tepung Terigu dengan Tepung Lain?

Bisa, namun hasil yang dihasilkan akan berbeda. Tepung terigu dapat digantikan dengan tepung jagung atau tepung ketan, namun tetap harus memperhatikan proporsi adonan yang baik dan benar.

2. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Adonannya Terlalu Kental atau Cair?

Jika adonan terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit susu cair atau air hangat sedikit-sedikit lalu diaduk hingga adonan terasa agak encer. Jika terlalu cair, tinggal ditambahkan sedikit tepung terigu sambil adonan terus diaduk sampai terlihat konsisten.

3. Apa Saja Bahan Tambahan yang Bisa Ditambahkan ke Adonan?

Untuk rasa yang lebih beragam, bisa menambahkan bahan-bahan seperti kentang tumbuk, parutan keju, mesis atau bubuk kayu manis pada adonan waffle sehingga waffle akan lebih berwarna dan beraroma sesuai selera.

4. Bagaimana Cara Agar Waffle Tidak Lengket?

Untuk menghindari adonan lengket di mesin atau panci waffle, jangan lupa meminyaki permukaan mesin atau panci dengan sedikit minyak sayur atau mentega sebelum men tuangkan adonan ke dalam mesin / panci. Bisa juga digunakan microwave untuk waffle teflon sehingga tidak lengket saat dipanggang.

5. Bagaimana Agar Waffle Lebih Empuk dan Mengembang?

Gunakan baking powder dalam adonan waffle untuk membuat waffle menjadi empuk dan mengembang. Pastikan adonan tetap konsisten dan rata saat dimasukkan ke mesin waffle, dan jangan buka mesin terlalu sering selama waffle dipanggang.

Kesimpulan

Itulah cara membuat adonan waffle yang bisa Anda coba di rumah. Adonan waffle yang baik dan benar pastinya akan membuat waffle terasa lebih empuk dan lezat. Jangan lupa untuk mengatur api mesin atau panci waffle dan bahan-bahan yang digunakan dengan benar agar hasil waffle dalam adonan yang dibuat lebih maksimal, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *