Cara Mendapatkan Formulir 1721 A2 untuk PNS

Bagi pegawai negeri sipil (PNS), pembayaran dan pelaporan pajak adalah hal yang wajib dilakukan setiap tahun. Formulir yang dibutuhkan untuk pelaporan pajak ini adalah formulir 1721 A2. Lantas, bagaimana cara mendapatkan formulir 1721 A2 untuk PNS? Simak pembahaan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Formulir 1721 A2?

Formulir 1721 A2 merupakan formulir yang digunakan sebagai laporan penerimaan pegawai tetap tidak tetap (PTT), pegawai tidak tetap (PTK), dan/atau kesepakatan penghasilan dari pekerjaan lain yang dilakukan secara bersamaan dengan pekerjaan utama dalam satu bulan kalender.

Cara Mendapatkan Formulir 1721 A2 untuk PNS

Formulir 1721 A2 dapat diunduh melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau langsung diambil di kantor pajak terdekat. Berikut adalah cara mendapatkan formulir 1721 A2 untuk PNS melalui website DJP:

1. Kunjungi website resmi Direktorat Jenderal Pajak di alamat https://www.pajak.go.id/.
2. Pilih menu “Unduh Formulir” pada menu utama.
3. Pilih formulir yang ingin didownload, pada kasus ini adalah formulir 1721 A2.
4. Isi informasi yang diperlukan untuk mengunduh formulir tersebut.
5. Klik “Unduh” dan formulir akan otomatis terunduh ke komputer atau gadget yang digunakan.

Mudah bukan? Namun, jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut atau memiliki pertanyaan seputar pengisian formulir 1721 A2, kamu bisa menghubungi kantor pajak terdekat di wilayahmu.

FAQs (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan umum seputar cara mendapatkan formulir 1721 A2 untuk PNS:

1. Apakah PNS wajib melaporkan pajak?

Ya, PNS termasuk golongan yang wajib melaporkan pajak setiap tahun secara online atau melalui kantor pajak terdekat.

2. Bagaimana cara mengisi formulir 1721 A2?

Formulir 1721 A2 bisa diisi secara online atau manual. Untuk mengisi secara online, kamu bisa datang ke kantor pajak terdekat untuk membuat akun NPWP dan login ke aplikasi aplikasi e-Filing. Sedangkan untuk mengisi secara manual, kamu bisa download formulir di website DJP atau kantor pajak terdekat dan mengisi secara manual menggunakan pena hitam.

3. Apakah formulir 1721 A2 bisa diisi oleh PNS yang belum memiliki NPWP?

Tidak bisa. NPWP merupakan syarat wajib untuk melakukan pelaporan pajak, termasuk mendaftarkan diri di aplikasi e-Filing. Oleh karena itu, sebelum mengisi formulir 1721 A2, pastikan kamu sudah memiliki NPWP.

4. Apa saja dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan NPWP?

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan NPWP antara lain fotokopi KTP, surat keterangan kerja (bagi PNS), dan surat keterangan domisili. Pastikan dokumen yang dipersiapkan sudah lengkap dan valid.

5. Apakah bisa mengisi formulir 1721 A2 setiap bulan?

Ya, formulir 1721 A2 bisa diisi setiap bulan untuk melaporkan penghasilan yang diterima dari pekerjaan lain selain PNS. Namun, pastikan kamu mengisi formulir tersebut dengan benar dan teliti agar laporan pajak yang diajukan akurat dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang cara mendapatkan formulir 1721 A2 untuk PNS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya. Jangan lupa untuk selalu menaati aturan perpajakan yang berlaku agar terhindar dari masalah hukum dan pajak di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *